Ad Code

Vantablack, Material "Aneh" Terhitam Di Dunia

vantablack

Sebuah perusahaan Inggris telah menghasilkan bahan/material/benda "aneh" yang sangat hitam karena menyerap 99,965% cahaya tampak, dan membuat rekor dunia baru. Lapisan material "super hitam" ini terbuat dari nanotube karbon - yang masing-masing 10.000 kali lebih tipis dari rambut manusia. Material ini begitu gelap sehingga mata manusia tidak dapat lagi memahami apa yang dilihatnya. Bentuk dan kontur hilang, dan hanya terlihat hitam yang sangat kelam.

Jika bahan ini digunakan untuk membuat satu gaun hitam, maka kepala pemakainya dan anggota badan yang tak tertutup mungkin akan muncul seperti melayang disekitar lubang gaun.

Kegunaan material ini sebenarnya lebih serius, memungkinkan kamera astronomi, teleskop dan sistem pemindaian inframerah untuk berfungsi lebih efektif. Lalu ada juga aplikasi militer, yang tidak boleh dibahas (rahasia) oleh pembuatnya, Surrey NanoSystems.

Bahan nanotube, bernama Vantablack, telah ditumbuhkan pada lembar aluminium foil oleh perusahaan berbasis di Newhaven tersebut. Meskipun lembar aluminium foil itu kusut atau berkerut-kerut membentuk bukit-bukit dan lembah-lembah miniatur, pemandangan ini menghilang pada area yang diliputi oleh material tersebut.

vantablack

"Anda akan mengharapkan untuk melihat kerut-kerut atau struktur pada lembar tersebut, namun yang Anda lihat... hanyalah hitam, seperti lubang, seperti tidak ada ada, dan akan membuat anda merasa aneh," kata Ben Jensen, direktur teknis perusahaan.

Baca juga>> Misteri Tambang Berlian Mir di Rusia, Lubang Terbesar Kedua di Dunia

Ditanya tentang prospek untuk membuatnya menjadi gaun hitam, dia mengatakan akan "sangat mahal" biaya material adalah salah satu hal yang ia tidak bisa ungkapkan.

"Anda akan kehilangan semua fitur dari gaun. Gaun hanya akan hitam tampak struktur," katanya.

Vantablack, yang dijelaskan dalam jurnal Optics Express dan akan diluncurkan di Farnborough International Airshow minggu ini, bekerja dengan mengepak erat  nanotube, sehingga partikel cahaya tidak bisa melaluinya, dan kemudian diserap seluruhnya kecuali hanya sebagian yang sangat kecil yang dipantulkan.

Manfaat praktis Vantablack termasuk kalibrasi kamera digunakan untuk mengambil foto dari objek tertua di alam semesta. Hal ini harus dilakukan dengan mengarahkan kamera pada sesuatu yang sehitam mungkin.

vantablack

Ia juga memiliki "tingkat yang hampir tidak terdeteksi dari outgassing dan fallout partikel", yang dapat mengkontaminasi sistem pencitraan yang paling sensitif. Material ini menghantarkan panas tujuh setengah kali lebih efektif dari tembaga dan memiliki 10 kali daya rentang baja.

Stephen Westland, profesor ilmu warna dan teknologi di Leeds University, mengatakan hitam tradisional sebenarnya adalah warna cahaya juga.

"Banyak orang berpikir hitam adalah tidak adanya cahaya. Saya benar-benar tidak setuju dengan itu. Kecuali Anda melihat sebuah lubang hitam, tidak ada yang benar-benar melihat sesuatu yang tidak memantulkan cahaya," katanya. "Material yang baru ini, adalah material yang sangat hitam yang bisa kita dapatkan saat ini, hampir seperti melihat lubang hitam seperti yang kita bayangkan."




Signp60


Post a Comment

0 Comments