Ad Code

8 Macam Nasi Bungkus. Indonesia Banget!

 Orang Indonesia pasti pernah makan nasi bungkus. Makanan yang merakyat ini sudah ada dan menjadi tradisi Indonesia sejak jaman kerajaan Majapahit. Siapa saja penikmat nasi bungkus? mulai dari orang kantoran, buruh, petani bahkan pejabat pernah merasakan nikmatnya nasi bungkus ala Indonesia.

kuliner bandung, kuliner jakarta, kuliner di bandung, wisata di indonesia, objek wisata di indonesia





 
Nasi Kucing Raksasa

Ini dia jenis jenis nasi bungkus yang ada di Indonesia, selamat menikmati :)

Nasi Kucing


Makanan yang sering dijumpai diangkringan didaerah Jawa Tengah dan Yogyakarta. Nasi yang seukuran jatah makan kucing dengan diberi sambal dan lauk seadanya. Sego Kucing kalo didaerah Jogja sekitarnya biasanya berisi nasi, sambel, secuil bandeng atau telur, ada juga berisi nasi dan sambel welut, atau nasi oseng. Sedangkan didaerah Semarang lebih beragam isi Sego Kucing, seperti Nasi Pindang, Nasi Ayam, Nasi Telur, Nasi Sambal Udang, Nasi Sambal Teri, dll. Meski dalam ukuran kecil/jatah makan kucing, tapi dengan 3 bungkus aja sudah mengenyangkan.

Nasi Bakar



Biasanya yang namanya nasi bakar itu dibungkus dengan daun pisang sebelum dibakar, makanya ane masukin aja termasuk nasi bungkus banyak terdapat di Bandung. Nasi bakar asyiknya kalo dimakan selagi panas karena aroma daun pisangnya serasa menyatu dengan nasi dan member cita rasa tersendiri. Nasi bakar biasanya berisi nasi yang sudah dicampur teri kecil atau suwiran daging ayam.

Nasi Jinggo




Nasi Jinggo berasal dari Bali. Bisa dibilang ini adalah nasi kucingnya Bali. Nasi Jinggo dengan rasa ayam atau daging sapi suwir, rasanya sama nikmatnya terutama sambalnya pedas sekali. Porsi Nasi Jinggo sangat kecil dan sesuai dengan harganya hanya Rp.3000,- per porsi.

Nasi Lemak




Nasi khas bangsa Melayu ini kebanyakan ditemui di Malaysia, tapi didaerah Medan, Sumatera Utara dan Pekanbaru dan Riau. Nasi Lemak dibuat nasi dengan campuran santan. Pelengkapnya atau bisa dicampur antara lain : sambal kentang, tauco, bihun goreng, sayur labu jipang, atau wortel. Lauknya sambal telur.

Nasi Liwet




Jawa Tengah. Nasi liwet adalah nasi gurih (dimasak dengan kelapa) mirip nasi uduk, yang disajikan dengan sayur labu siam, suwiran ayam dan areh (semacam bubur gurih dari kelapa). Nasi liwet biasa dijajakan keliling dengan bakul bambu oleh ibu-ibu yang menggendongnya tiap pagi atau dijual di warung lesehan. Kalo malam hari didaerah Solo biasa dijumpai didaerah Solo Baru, Kartasuro, atau di Laweyan.

Nasi Padang




Ini dia nasi bungkus yang paling sering dimakaan oleh penduduk Indonesia, nasi padang. Biasanya nasi padang jika dibungkus isinya akan lebih banyak dibandingkan makan ditempat. Nasi Padang Bungkus ini berisi sayur Nangka, sambal ijo, dan lauk sesuai selera.

Nasi Uduk





Nasi gurih yang berasal dari Jakarta ini termasuk makanan khas untuk sarapan. Nasi uduk terbuat dari bahan dasar nasi putih yang diaron dan dikukus dengan santan dari kelapa yang di parut, serta dibumbui dengan pala, kayu manis, jahe, daun serai dan merica. Makanan ini kemudian dihidangkan dengan emping goreng, tahu goreng, telur dadar/ telur goreng yang sudah diiris-iris, abon, kering tempe, bawang goreng, ayam goreng, timun dan sambal dari kacang.

Nasi Lonte






Dinamakan Nasi Lonte karena waktu itu memang jualannya mulai jam 11.00 malam dan yang beli memang di antaranya ada lonte-lonte (PSK). Nasi Lonte adalah nama yang diberikan oleh orang-orang sekitar.  Ada dua macam nasi yang dijual, yaitu nasi sayur dan nasi lemak. Bila ingin cicipi rasanya langsung saja berkunjung ke Medan Jl. Sei Kambing.

Itu dia jenis nasi bungkus yang ada di Indonesia. Jika traveling ke tujuan wisata, jangan lupa sempatkan untuk mempir mencicipi nasi bungkus tersebut.

Happy traveling !!



(sumber)

Post a Comment

0 Comments