Ad Code

Cara Sehat Untuk Memasak Sayuran

Cara Sehat Untuk Memasak Sayuran - Sayuran dipenuhi oleh nutrisi dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Namun seringkali cara memasak yang salah akan membuat sayuran kehilangan semua nutrisi di dalamnya. Jika ini yang terjadi, maka sebanyak apapun sayuran yang dikonsumsi tak akan bermanfaat untuk tubuh.
Cara Sehat Untuk Memasak Sayuran
Karena itu, mengetahui cara memasak sayur dengan benar sangat penting, terutama untuk mendapatkan semua manfaat di dalamnya dan tak membuat nutrisi dalam sayur dengan sia-sia. Berikut adalah beberapa cara memasak sayuran yang sehat dan menjaga nutrisi di dalamnya, seperti dilansir oleh Boldsky (28/03).

1. Mengukus
Alih-alih merebus sayuran, sebaiknya kukus sayuran Anda. Dengan mengukus, Anda akan menjaga nutrisi dan rasa sayuran tersebut. Mengukus adalah salah satu cara terbaik dan tersehat untuk memasak sayuran.

2. Memanggang
Salah satu cara untuk memasak sayuran adalah dengan memanggangnya. Namun sebaiknya tambahkan minyak zaitun untuk menambahkan nutrisi dan hindari menggunakan minyak sayur yang mengandung banyak lemak trans.

3. Gunakan garam
Tambahkan sedikit garam pada masakan. Jangan terlalu banyak, namun cukup untuk mengeluarkan aroma dan rasa dari sayuran Anda. Jika Anda memiliki kecenderungan darah tinggi, sebaiknya gunakan sedikit saja.

4. Menumis
Ini adalah cara yang cepat dan mudah untuk memasak sayuran. Namun Anda sebaiknya berhati-hati ketika menumis karena bisa membuat sayuran menjadi layu. Perhatikan waktu menumis, jangan terlalu lama agar sayuran tetap segar dan nutrisinya tetap terjaga.

5. Dioven
Menggunakan oven atau pemanggang adalah cara sehat lainnya untuk memasak sayuran. Memasak dengan cara ini akan membantu menjaga rasa masakan. Selain itu, nutrisi dan vitamin yang ada dalam sayuran juga tak akan hilang.

6. Merebus
Meski merebus sebenarnya bisa membuat sayuran kehilangan nilai nutrisi yang ada di dalamnya, namun ini bisa diakali dengan menggunakan air masak. Air yang digunakan untuk merebus sayuran bisa digunakan lagi sebagai sup karena mengandung vitamin dan nutrisi.

7. Menyetup
Menyetup atau stewing adalah memasak banyak bahan makanan secara bersamaan dengan sedikit air. Cara ini merupakan salah satu cara yang sehat untuk memasak makanan. Anda bisa mencampurkan banyak sayuran ke dalam sebuah panci khusus untuk menyetup. Cara ini akan membuat nutrisi dalam sayuran tetap utuh.

8. Microwave
Meski penggunaan microwave masih menjadi perdebatan hingga saat ini, namun menggunakan microwave untuk memasak juga bisa menjadi salah satu cara sehat untuk memasak sayuran. Ketika menggunakan microwave, 70 persen nutrisi sayuran masih akan tetap utuh.

Ketika memasak sayuran Anda bisa menggunakan cara-cara sehat di atas. Meski begitu, sesuaikan juga dengan kesehatan Anda, seperti pada penggunaan garam. Jangan gunakan minyak yang tak sehat seperti minyak sayur ketika melakukan teknik di atas - Cara Sehat Untuk Memasak Sayuran

Post a Comment

0 Comments