Ad Code

10 Fakta Menarik Tentang Nike Ardilla

10 Fakta Menarik Tentang Nike Ardilla


Fakta Menarik Tentang Nike Ardilla

Tepatnya pada tanggal 19 Maret lalu Nike Ardilla pergi meninggalkan jutaan kenangan indah untuk selamanya. Penyanyi legendaris ini meninggal di usia yang masih sangat muda, saat masih menikmati karir emasnya. Untuk mengenang kepergian wanita cantik ini berikut adalah beberapa fakta penting di sepanjang karir Nike. Banyak prestasi dan rekor manis tercipta yang patut diketahui oleh para penggemar musik.


Berikut adalah 10 Fakta Menarik Tentang Nike Ardilla :


1. Awal Karir

Karir Nike Ardilla sudah dimulai saat ia masih sangat belia. Menurut data yang kami terima, Nike sudah memulai karirnya sejak masih berusia 11 tahun. Di awal karir, Nike justru lebih dulu berakting dalam film. Ia baru merekam album pertamanya setahun kemudian. Hebatnya, album yang ia rekam bukan lagi album anak anak.


2. Bintang Kehidupan

Tak butuh waktu lama bagi Nike untuk meraih prestasi hebat. Di usianya yang baru menginjak 14 tahun, ia merilis album yang sangat populer hingga saat ini, BINTANG KEHIDUPAN. Hebatnya, album ini terjual lebih dari 2 juta kopi. Sebuah angka yang fantastis mengingat ia merekam album tersebut di usia yang masih sangat muda.


3. Juara di China

Bisa dibilang karir Nike Ardilla sebenarnya tak terlalu panjang. Namun jangan tanya soal prestasi yang ia dapatkan. Di usianya yang ke-15, Nike sudah sukses mengharumkan nama Indonesia. Bagaimana tidak, ia berhasil menjuarai ajang Asia Song Festival 1991 di Shanghai, China.


4. Dirikan SLB

Walau karirnya melesat cepat, namun bukan berarti Nike lupa pada sesamanya. Tepat pada tahun 1992, Nike yang saat itu baru berusia 17 tahun mendirikan SLB untuk anak tuna grahita. SLB ini terletak di Bandung dan masih beroperasi hingga saat ini.


5. Nike di Rusia

Nama Nike Ardilla tak hanya populer di Tanah Air atau negera negara tetangga, tak tanggung tanggung perangko Nike pernah dirilis di Rusia. Perilisan perangko itu terjadi pada tahun 1996, atau setahun setelah meninggalnya Nike.

Kartu pos & SHP (Sampul Hari Peringatan) setahun wafatnya Nike Ardilla dirilis oleh PT. Pos Indonesia tahun 1996. Kartu telepon edisi Nike Ardilla diterbitkan oleh PT. Telkom tahun 2000 dan namanya diabadikan menjadi nama sebuah jalan/kavling perumahan di Jakarta tahun 2012.


6. Sampul Terlaris

Nike juga pernah mencatatkan prestasi di berbagai hal. Salah satunya yang paling fenomenal adalah saat Tabloid Nova yang menggunakan dirinya sebagai cover tercatat sebagai edisi terlaris. Edisi Tabloid Nova ke 370 itu dirilis pada bulan Maret 1995 dengan catatan penjualan hingga 900.000 eksemplar.


7. Nike Astrina

Banyak yang tak tahu bahwa Nike juga pernah merilis album dengan menggunakan nama Nike Astrina. Uniknya album pertama yang berisi 11 lagu itu justru dirilis 18 tahun setelah ia meninggal. Pertama dalam sejarah, seorang artis Indonesia masih punya album baru setelah 18 tahun meninggal.


8. Sandiwara Cinta

Salah satu album Nike paling fenomenal, SANDIWARA CINTA diluncurkan hanya satu bulan menjelang kematiannya (Februari 1995). Menurut catatan album ini terjual hingga 3 juta kopi.


9. Best Selling

Dari sekian banyak album yang dirilis, sembilan di antaranya tercatat sebagai best-selling-album (terlaris). Empat kali dari BASF Awards (BINTANG KEHIDUPAN, NYALAKAN API, BIARLAH AKU MENGALAH, MAMA AKU INGIN PULANG). Empat kali dari HDX Awards (BIARKAN CINTAMU BERLALU, DERU DEBU, SANDIWARA CINTA, SUARA HATIKU) dan satu kali dari Anugrah Industri Muzik Malaysia (DURI TERLINDUNG).


10. 131 lagu

Nike Ardilla meninggal umur 19 tahun dengan pencapaian 131 lagu (13 album). Tak hanya itu, ia juga menyelesaikan 21 film/sinetron. Hal yang belum pernah bisa dilakukan artis lain hanya dengan usia 19.

Nah, itulah 10 Fakta Menarik Tentang Nike ArdillaSebuah catatan prestasi yang luar biasa bagi sosok yang masih sangat belia. Semoga terus beristirahat dengan tenang di sana, Legenda!



Sumber : kapanlagi.com

Post a Comment

0 Comments