Ad Code

7 Fakta Menarik Tentang Bau Badan

7 Fakta Menarik Tentang Bau Badan



Fakta Menarik Tentang Bau Badan

Fakta tentang bau badan yang paling kita tahu tentu adalah hal itu sangat mengganggu kenyamanan berkomunikasi. Kamu akan merasa tidak nyaman saat mencium bau badanmu sendiri atau bau badan teman bicaramu. Tapi, ada fakta lain tentang bau badan yang sangat jarang diketahui.

Berikut adalah 7 Fakta Menarik Tentang Bau Badan :


1. Dua Kelenjar Keringat

Fakta Menarik Tentang Bau Badan
 
Tahukah kamu kalau tubuhmu memiliki dua kelenjar keringat yang berbeda? kelenjar ini dinamakan dengan kelenjar ekrin dan apkorin yang masing masing mengeluarkan jenis keringat yang berbeda. Keringat ekrin mengeluarkan keringat berair, sedangkan keringat apkorin mengeluarkan keringat yang kurang berair. Kelenjar apokrin biasanya terletak di antara folikel rambut, kulit kepala, ketiak, dan selangkangan. Keringat pada bagian inilah yang akan memicu bau badan tak sedap.


2. Rambut Pemicu Bau

Fakta Menarik Tentang Bau Badan

Rambut pada bagian tubuhmu akan menghasilkan keringat yang kurang berair sehingga cepat bersatu dengan bakteri. Semakin banyak rambut yang kamu miliki, maka akan semakin cepat pula tubuhmu mengeluarkan bau. Untuk itulah kamu harus mencukur bulu bulu di bagian tersembunyi dan keramas secara intens.


3. Deodoran yang Cocok

Fakta Menarik Tentang Bau Badan

Gunakan deodoran yang cocok dengan ketiakmu untuk menghilangkan bau tak sedap karena bagaimanapun, deodoran juga bisa memicu keringat dan bau berlebih jika kandungan di dalamya tidak cocok dengan kulitmu.


4. Sayuran Bikin Bau Badan

Fakta Menarik Tentang Bau Badan

Bukan hanya bawang merah dan bwang putih yang bisa memicu bau badan tak sedap, tapi beberapa makanan berjenis sayuran juga akan menimbulkan bau badan jika dikonsumsi secara berlebihan. Beberapa jenis sayuran itu antara lain adalah kubis, brokoli, dan beberapa jenis makanan yang mengandung senyawa tertentu dengan bau seperti belerang.


5. Terlalu Berlebihan

Fakta Menarik Tentang Bau Badan
 
Nah, jika kamu terlalu berlebihan dalam membersihkan bagian ketiakmu, maka bukannya bau badan hilang tapi justru akan bertambah bau. Hindari penggunaan banyak produk untuk ketiak dalam satu waktu karena hal itu justru akan merangsang kelenjar untuk mengeluarkan keringat lebih banyak.


6. Jeruk Nipis untuk Ketiak

Fakta Menarik Tentang Bau Badan
 
Beberapa orang menganggap bahwa jeruk nipis dan alkohol sangat baik untuk menghilangkan bau badan. Tapi, kamu juga bisa terkena iritasi jika melakukan hal tersebut karena ada kandungan senyawa kimia yang terlalu keras untuk diaplikasikan kepada kulit ketiak yang bertekstur lembut.


7. Alergi atau Iritasi

Fakta Menarik Tentang Bau Badan
 
Banyak orang biasa menyebut satu reaksi pada tubuh dengan sebutan alergi atau iritasi saja. Padahal, kedua hal tersebut berbeda. Jika ketiak menjadi kemerahan dan gatal atau perih setelah pemakaian produk tertentu, maka bisa diperkirakan jika yang kamu alami itu adalah iritasi. Sementara itu, alergi akan terjadi dengan gejala serupa namun dalam jangka waktu yang lebih lama ( meskipun pemakaian produk tertentu dihentikan ).





Post a Comment

0 Comments