Ad Code

7 Motor Sport Paling Ramah Lingkungan Di Dunia

7 Motor Sport Paling Ramah Lingkungan Di Dunia - Di tengah isu polusi lingkungan akibat makin banyaknya kendaraan bermotor yang beredar di jalanan ditambah harga bahan bakar yang tiap tahun makin mahal, para pabrikan roda dua dunia kini mulai menawarkan varian motor listrik. Tak hanya sekedar membuat motor listrik dengan tenaga kecil dan desain minimalis untuk jarak dekat saja, para pabrikan otomotif pun kini mulai merambah pasar moge dan superbike yang bisa menempuh perjalanan jarak jauh.

Berikut adalah 7 Motor Sport Paling Ramah Lingkungan Di Dunia :


1. Brutus V9

Motor Sport Paling Ramah Lingkungan


Brutus V9 merupakan salah satu motor listrik dengan desain menipu yang membuatnya tak seperti motor ramah lingkungan. Mengambil konsep motor touring seperti Harley Davidson yang terkenal memiliki mesin beringas namun boros bahan bakar, Brutus hadir dengan konsep mesin yang sebaliknya. Motor bergaya Bagger ini ternyata tak menggunakan bahan bakar fosil melainkan tenaga baterai yang tak menghasilkan polusi udara.

Namun untuk urusan tenaga, jangan remehkan mesin elektrik motor yang satu ini. Brutus V9 memiliki motor listrik bertenaga 125 Hp dengan torsi mencapai 277 lb-ft. Mesin ini mampu membuat Brutus V9 bisa melesat hingga kecepatan 185 km/jam. Menggendong baterai bertenaga 33,7 kWh, Brutus V9 diklaim bisa berjalan sejauh 294 km dengan sekali isi tenaga baterai secara penuh.


2. Lightning LS-218 Superbike

Motor Sport Paling Ramah Lingkungan

Motor sport listrik bernama Lightning LS-218 Superbike tentu bakal menarik perhatian setiap orang yang menjumpainya. Mengusung desain sangat sporty, LS-218 juga disokong motor elektrik yang sangat bertenaga hingga membuatnya bisa melesat hingga kecepatan 350 km/jam. Dengan kecepatan tersebut LS-218 menjadi salah satu motor sport listrik tercepat di dunia.

Untuk mesinnya sendiri, LS-218 telah dibekali mesin bertenaga baterai yang mampu menghasilkan muntahan power sebesar 200 hp dan torsi puncak di angka 168 lb-ft. Memiliki baterai berdaya 12 kWh, Lightning LS-218 bisa berjalan sejauh 273 km dengan sekali isi baterai secara penuh.


3. Z EV 110LRC

Motor Sport Paling Ramah Lingkungan

Motor elektrik selanjutnya yang diklaim menjadi salah satu yang paling ramah lingkungan dan bisa menempuh jarak yang jauh dengan sekali isi baterai adalah Z EV 110LRC. Hadir di pasaran dengan desain matic bongsor yang cocok untuk digunakan untuk touring ataupun perjalanan jarak jauh. Z EV tentu sangat nyaman dikendarai penggunanya. Meski memiliki badan besar, namun motor matic dengan mesin elektrik ini masih bisa melesat hingga kecepatan 130 km/jam.

Pemilik motor ZEV 110LRC ini juga tak perlu khawatir kehabisan baterai di tengah perjalanan karena motor ini telah dilengkapi dengan baterai bertenaga besar yang membuatnya bisa berjalan sejauh 225 km jika dipacu konstan di kisaran kecepatan 80 km/jam. Untuk harganya sendiri, ZEV 110LRC beredar di pasaran dengan banderol USD 14 ribu atau setara Rp 171 juta.


4. Mission R

Motor Sport Paling Ramah Lingkungan

Mission R hadir di pasaran dengan mengusung konsep superbike. Dibuat pabrikan asal San Francisco, Mission Motorcycles, motor sport dengan mesin elektrik ini miliki kecepatan yang tak kalah dibanding superbike dengan mesin konvensional di pasaran.

Mission R dilaporkan bisa melesat hingga kecepatan 240 km/jam dengan akselerasi dari 0-100 km/jam dalam kisaran waktu tiga detik saja. Yang jadi pembeda superbike ini adalah keiritan mesinnya yang dapat melaju hingga 225 km sekali isi ulang baterai berdaya 17 kWh yang diusungnya. Untuk harganya sendiri, Mission R ini dilepas ke pasaran dengan harga USD 42.499 atau sekitar Rp 519 juta.


5. Zero S

Motor Sport Paling Ramah Lingkungan

Jika motor besar dengan konsep touring yang menjadi idaman Anda, maka Zero S ini bisa menjadi pilihan. Motor besar dengan mesin listrik ini hadir dengan desain yang garang dan gagah. Untuk sektor mesinnya sendiri, Zero S ini hadir dengan mesin listrik yang mampu memuntahkan tenaga hingga 54 hp dan torsi puncak sebesar 68 lb-ft. Dengan tenaga melimpah tersebut, Zero S bisa berakselerasi dari 0-100 km/jam dalam waktu 5,8 detik saja.

Untuk top speednya, motor ini bisa melesat hingga kecepatan 130 km/jam. Top speed yang tergolong rendah jika dilihat adri muntahan tenaga mesin motor ini sendiri dimaksudkan agar Zero S bisa berjalan jauh meski tak dilengkapi dengan baterai berkapasitas besar. Motor yang keluar di pasaran dengan harga USD 17.490 atau setara Rp 213 juta ini diklaim bisa berjalan sejauh 210 km dengan sekali isi ulang baterai.


6. Brutus 2 Cafe

Motor Sport Paling Ramah Lingkungan

Selain Brutus V9, Crish Bell yang pencetus ide pembuatan motor sport elektrik dengan brand Brutus ini juga memiliki andalan lain bernama Brutus 2 Cafe. Mengusung konsep moge beraliran cafe racer, motor ini mengusung mesin elektrik bertenaga yang membuatnya bisa melesat hingga 160 km/jam dengan akselerasi dari 0-100 km/jam hanya dalam waktu 4,7 detik. Dengan berat total mencapai 226 kg, Brutus 2 Cafe ini bisa berjalan sejauh 160 km untuk sekali isi ulang baterai.


7. Energica Ego Electric

Motor Sport Paling Ramah Lingkungan

Salah satu motor sport elektrik yang akan diluncurkan secara masal ke pasaran pada 2015 mendatang adalah Energica Ego Electric. Motor sport ini bakal mengusung mesin elektrik dengan tenaga puncak 100 kW dengan torsi maksimum menyentuh angka 144 lb-ft.

Dengan mengusung baterai berkapasitas 11.7 kWh, Energica Ego Electric diklaim bisa berjalan sejauh 150 km jika dipacu di kecepatan 80 km/jam secara konstan. Untuk harga sendiri, Energica Ego Electric rencananya akan dilepas ke pasaran dengan harga USD 35 ribu atau sekitar Rp 427 juta.



Sumber : merdeka.com

Post a Comment

0 Comments