Sunday, November 15, 2015

5 Hutan Paling Liar Di Indonesia - Indonesia punya hutan seluas sekitar 99,6 juta hektar. Maka jangan heran masih banyak hutan liar di Indonesia yang punya satwa yang tidak ditemui di tempat lain sampai hutan dengan salju abadi.

Berikut adalah 5 Hutan Paling Liar Di Indonesia :


1. Hutan TN Leuser, Aceh-Sumatera Utara

Hutan Paling Liar Di Indonesia


TN Leuser memiliki luas sekitar 1 juta hektar, yang berada di dua provinsi yakni Aceh dan Sumatera Utara. Hutan di sana menjadi rumah bagi 130 spesies hewan seperti gajah, badak, harimau, macan tutul, dan masih banyak lagi, serta terdapat 325 spesies burung. Bisa dibayangkan, betapa liar suasana di sana!. Jangan heran, Anda bakal menemukan banyak satwa saat berada di pinggiran sungai. Kalau punya nyali lebih, cobalah mendaki Gunung Leuser yang jadi titik tertinggi di sana dengan ketinggian 3.404 mdpl.


2. Hutan TN Bukit Barisan Selatan, Lampung

Hutan Paling Liar Di Indonesia

Hutan di TN Bukit Barisan Selatan, Lampung masih belum banyak disentuh oleh manusia. Maka jangan heran kalau Anda bakal merasa berada di dunia lain saat menjelajahi hutan di sana. Hutan hujan tropis di sana punya luas 350 ribu hektar. Yang menarik, di sana ada Danau Menkujut yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia dan hanya dipisahkan oleh garis pantai. Bagaikan kolam renang raksasa.


3. Hutan TN Ujungkulon, Banten

Hutan Paling Liar Di Indonesia

TN Ujungkulon terkenal dengan deretan pantainya yang cantik. Tapi jangan salah, hutan di sana justru terkenal liar. Sebab, kontur tanahnya bakal menguras banyak tenaga. Siapkan fisik yang prima untuk menjelajahinya. Luas hutan di TN Ujungkulon mencapai 100 ribu hektar lebih. Hutan di sana pun jadi rumah bagi 35 jenis mamalia, 5 jenis primata, 59 jenis reptilia, 22 jenis amfibia, 240 jenis burung, 72 jenis insekta, 142 jenis ikan dan 33 jenis terumbu karang. Jangan lupa, ada badak Jawa yang hanya ada di sana.


4. Hutan TN Tanjung Puting, Kalteng

Hutan Paling Liar Di Indonesia

Memang kebanyakan pikiran orang akan terlintas mengenai hutan saat mendengar nama Kalimantan. Hutan di TN Tanjung Puting, Kalimantan Tengah siap menanti kedatangan anda yang punya nyali. Di sana Anda bisa bertemu orangutan, bekantan sampai kucing hutan. Jangan lupa untuk menyusuri Sungai Sekonyer yang disebut-sebut Sungai Amazon ala Indonesia. Pepohonan di dalam hutannya pun tingginya mencapai puluhan meter. Saat pagi, suasananya sungguh magis!


5. Hutan di TN Lorentz, Papua

Hutan Paling Liar Di Indonesia

Mungkin, banyak orang yang belum pernah mendengar TN Lorentz. Inilah taman nasional di bagian selatan Papua yang luas hutannya mencapai 2 juta hektar!. Hutan-hutan di TN Lorentz masih belum dijamah banyak orang. Bahkan mungkin, masih banyak spesies hewan yang belum diketahui dan ada salju abadi di atas pegunungan di sana.




0 comments:

Post a Comment