Friday, March 4, 2016

Apakah Anda pernah mengalami sesuatu yang ganjil yang terjadi pada browser Anda? Yaitu ketika Anda mencoba membuka situs tertentu tiba-tiba saja Anda malah dialihkan ke situs yang bernama Linkbucks.com. Meskipun berulang kali Anda mencobanya tapi tetap saja dialihkan terus menerus. Sehingga sama sekali Anda tidak bisa membuka situs yang Anda tuju tersebut.

Jika memang Anda mengalami kejadian seperti itu. Berarti browser di komputer Anda sudah terinveksi oleh virus Linkbucks Redirect Link. Virus ini biasanya akan selalu mengalihkan alamat situs tertentu yang seringkali kita kunjungi melalui browser kita, sehingga kita tidak bisa membuka sama sekali situs tersebut.

virus linkbucks

Lalu apa itu Linkbucks.com?

Sebenarnya, Linkbucks.com adalah sebuah situs bisnis iklan online yang mana situs tersebut menawarkan kepada kita untuk memendekkan link yang panjang. Jika kita memasang link yang sudah dipendekkan tersebut di blog kita, kemudian ada yang mengkliknya maka bagi si pemasang akan diberi imbalan berupa dollar. Hampir sama dengan situs adf.ly yang pernah aku bahas beberapa waktu yang lalu.

Situs linkbucks

Hanya saja, jika kejadiannya seperti yang terjadi di atas, maka situs Linkbucks tersebut bukanlah situs yang asli melainkan virus malmware yang berwujud situs Linkbucks, sehingga bagi kita yang sudah mengetahuinya, maka tidak akan menimbulkan kecurigaan.

Hal semacam ini pernah aku alami sebelumnya, awal pertama kali kejadiannya yaitu saat aku hendak masuk ke akun bloggerku. Maka aku pun mengetikkan alamat www.blogger.com pada address bar. Anehnya setelah aku ketik alamat blogger tersebut lalu aku tekan enter, eh bukannya masuk ke halaman utama akun blogger akan tetapi aku malah dialihkan ke situs Linkbucks.com yang alamat persisnya adalah 3880bbbe.linkbucks.com. (lihat gambar bawah) Berulang kali aku mencobanya, tetap saja tidak bisa. Hal itu sempat membuat aku panik, bagaimana tidak panik, kalo seperti itu terus menerus berarti aku sama sekali tidak bisa masuk ke akun bloggerku. Berikut ini penampakan yang muncul saat alamat URL dialihkan:

virus linkbucks

Akhirnya, langkah terakhir pun aku lakukan, yaitu menanyakan hal ini kepada mbah Google. Setelah menelusuri kesana kemari, tidak sia-sia aku menemukan artikel yang aku cari. Nah, bagi sobat yang mengalami kejadian seperti yang aku alami tersebut, tidak usah bingung, ikuti langkah-langkah untuk mengatasinya di bawah ini:

  • Klik menu Start kemudian pilih “Control Panel
  • Pilih "Network Connections"
  • Klik kanan pada Area Connections internet Anda lalu pilih “Properties” maka akan tampil gambar seperti di bawah ini:
area connection
  • Sorot pada bagian Internet Protocol (TCP/IP) setelah disorot klik tombol Properties yang ada di sebelah kanan, maka akan tampil seperti di bawah ini:
DNS server
  • Silahkan klik bulatan yang ada di depan tulisan “Use the following DNS server addresses” setelah itu masukkan DNS servernya dengan memakai DNS server milik google, untuk Preferred DNS server masukkan 8.8.8.8 sedangkan untuk Alternate DNS server masukkan 8.8.4.4. lihat gambar dibawah ini:
  • Klik OK setelah selesai

Silahkan kalian coba lagi mengetikkan alamat situs yang terkena virus tersebut. Jika berhasil maka alamat situsnya tidak akan dialihkan.

Nah, itulah Trik Mengatasi Virus Linkbucks Redirect Link yang sudah menjangkiti browser kita. Hal ini sebenarnya terjadi akibat provider internet kita yang bermasalah. Kebetulan aku memakai speedy. Jadi bagi sobat yang memakai speedy juga, dan mengalami hal yang sama, silahkan dicoba trik yang satu ini, yaitu dengan mengganti DNS servernya memakai DNS google.

Semoga bermanfaat.........

0 comments:

Post a Comment