Monday, March 7, 2016

Ketika Windows 10 pertama kali diumumkan, banyak yang bertanya-tanya. Mengapa Microsoft setelah Windows 8 tak menggunakan nama Windows 9? Berbagai spekulasi pun bermunculan, mencoba menduga alasannya.



Ada yang mengatakan, penamaan Windows 9 akan membuat software terkait dengan kompatibilitas sistem operasi Windows 95 dan 98 menjadi terganggu. Terdapat script dengan tulisan Windows 9 yang saat itu mewakili Windows 95 dan Windows 98.

Bukannya tersinggung atau marah dengan rumor tersebut, sejumlah karyawan Microsoft, seperti detikINET kutip Business Insider, Jumat (8/5/2015), malahan menjadikan isu ini sebagai bahan candaan di lingkup internal mereka. 

Contohnya, seperti yang belum lama ini dilakukan oleh Corporate VP of Operating Systems Microsoft, Joe Belfiore beserta staf Microsoft lainnya. Mereka membuat lelucon Windows 9 dari kaos yang mereka pakai.

Di ajang konferensi Build pekan lalu, Belfiore mengenakan kaos unik. Bukan sembarang kaos, pakaian tersebut menggunakan bahan yang bisa memunculkan pesan kode binary. Developer bernama Kevin Gosse yang bisa membaca kode ini pun tertarik membahasnya. 

Ada empat kata dalam wujud kode binary pada tiap kotak di logo Windows pada kaos tersebut. Bacaannya menjelaskan nasib Windows 9. Tulisannya adalah 'Windows 10, because 7 8 9.' 

Jika dicermati, cara membacanya dalam bahasa Inggris slang adalah 'Windows 7 ate (eight) Windows 9' yang artinya Windows 7 'telah memakan' Windows 9 -- sehingga terpaksa lompat ke Windows 10.

Jadi, mengapa Microsoft melewati Windows 9? Belfiore mengatakan alasannya sederhana saja, Microsoft ingin secara literal memperlihatkan bahwa ada jarak yang jauh antara Windows 8 dengan penerusnya.

Secara simbolis, ini mengungkapkan ambisi Microsoft yang membuat Windows 10 sebagai lompatan besar. Ada banyak perubahan baru dalam perpindahan dari Windows 8 ke Windows 10.


(rns/rou)

0 comments:

Post a Comment