Sunday, November 8, 2015

5 Pemimpin Spiritual Paling Berpengaruh Di Dunia - Di tengah kekacauan dunia mulai dari perang hingga aksi terorisme tak menyurutkan kelima pemimpin spiritual ini hilang pengaruhnya. Bahkan semakin dahsyat. Mereka juga sering mengambil langkah langkah politik yang diikuti banyak pengikutnya. Kata kata mereka mengandung magnet bisa menenangkan hati sekaligus mengisi kalbu manusia agar tidak kosong.

Kelima pemimpin spiritual ini sudah mengenalkan ajaran ajaran keTuhanan yang didengarkan mulai dari pengikutnya hingga lintas keyakinan. Dalam ucapan mereka ada kalimat sang penguasa jagat raya. Disampaikan secara halus namun mengena pada sasaran. Tak heran banyak orang merasa tenang bila di dekat mereka.

Berikut adalah 5 Pemimpin Spiritual Paling Berpengaruh Di Dunia seperti yang dilansir dari situs globein.com :


1. Ayatullah Ali Khamenei

Pemimpin Spiritual Paling Berpengaruh


Ayatullah Ali Khamenei merupakan pemimpin spiritual yang punya pengaruh besar terutama di Iran dan banyak warga syiah. Dia lahir pada 1940 dari ayah seorang ulama besar dan ibu dengan kemampuan agama mumpuni. Meski ulama tersohor namun Khamenei kecil hidup dengan kesederhanaan bahkan serba kekurangan.

Namun itu tak membuatnya patah semangat untuk belajar. Khamenei tercatat sebagai pemimpin spiritual yang cerdas dan menguasai ilmu filsafat, fiqih, dan kenegaraan. Itu yang membuatnya terpilih menjadi penguasa tertinggi Negeri Mullah.


2. Paus Fransiskus

Pemimpin Spiritual Paling Berpengaruh

Siapa tak kenal Paus Fransiskus? Saat ini bisa jadi dia pemimpin spiritual Katolik paling berpengaruh sejagat lantaran banyak kebijakannya nyeleneh dari ajaran Yesus Kristus. Mulai dari kedekatannya dengan kaum gay, memberkati rombongan pengendara motor gede Harley Davidson, hingga mengakui adanya pelecehan seksual di banyak gereja.

Malah belum genap setahun, Paus bernama asli Jorge Mario Bergoglio ini menjadi orang paling besar pengaruhnya versi majalah bergengsi TIME. Dia dikenal menunjukkan kepedulian tinggi pada kaum terpinggirkan.


3. Dalai Lama

Pemimpin Spiritual Paling Berpengaruh

Tidak banyak orang mengenal nama Tenzin Gyatso, namun saat disebutkan Dalai Lama, pasti muncul bayangan sosoknya yang penuh senyum dan keramahan. Dia pemimpin spiritual Tibet paling tersohor sejagat sebab gayanya luwes dan bisa membaur dengan segala lapisan masyarakat.

Dalai Lama ke-14 ini dipercaya sebagai reinkarnasi Buddha. Di usia kepala tujuh dia masih aktif keliling dunia menyebarkan ajaran Buddha yang percaya akan kekuatan perdamaian, cinta, dan pengertian.


4. Thich Nhat Hanh

Pemimpin Spiritual Paling Berpengaruh

Satu lagi pemimpin spiritual tersohor abad ini yakni guru Buddha Zen Thich Nhat Hanh. Usianya memang sudah beranjak seabad namun dia masih aktif keliling dunia memperkenalkan meditasi bagi pikiran dan hati agar selalu menyerahkan diri pada kebesaran sang kuasa.

Nhat juga masih aktif menulis. Tak heran dia sudah menerbitkan hingga 100 artikel mengenai meditasi hingga puisi, dan sejarah Buddha. Dia salah satu pemimpin spiritual memperkenalkan ajaran bersatu dengan Tuhan. Jika di Indonesia mungkin Nhat setara dengan Syekh Siti Djenar dengan ajarannya manunggaling kawula gusti.


5. Deepak Chopra

Pemimpin Spiritual Paling Berpengaruh

Deepak Chopra disebut sebut pemimpin dan guru spiritual para selebritas Amerika Serikat sebelum akhirnya mendunia. Dia meramu kehidupan antara jasad dan ruh dengan sangat baik hingga banyak orang merasa terinspirasi olehnya.

Chopra disinyalir dekat dengan sejumlah orang terkenal seperti Michael Jackson, Madonna, Chaterine Zeta Jones, Brad Pitt, hingga Angelina Jolie. Lelaki kelahiran Ibu Kota New Delhi, India, 22 Oktober 1946 ini berlatar belakang kedokteran yang mengembangkan diri menjadi konsultan bagi pasien yang stres hingga jatuh mental.

Sumber : merdeka.com

0 comments:

Post a Comment