Sunday, November 8, 2015

Penderita HIV/AIDS punya harapan baru untuk bisa sembuh dari penyakit mematikan tersebut. Para ilmuwan di Prancis menemukan rekayasa genetika yang mengakibatkan virus penyebab HIV/AIDS itu tidak bisa berkembang biak. Penemuan tersebut mereka tuangkan dalam jurnal Mikrobiologi Klinik dan Infeksi. Jika dikembangkan, hal itu bisa menjadi strategi baru untuk memerangi penyebaran penyakit tersebut.

"Penemuan ini ibarat sebuah jalan besar untuk penyembuhan," ujar salah seorang penulis jurnal Didier Raoult dari Institut Kesehatan dan Penelitian Medis Prancis, Selasa kemarin (4/11/14).

Penelitian itu dimulai ketika mereka menemukan adanya dua pria yang tiba-tiba sembuh dari HIV/AIDS. Masing-masing didiagnosis positif HIV sejak 30 tahun lalu dan seorang lagi sejak 2011. Kondisi dua orang tersebut pernah drop dan jatuh sakit. Namun, belakangan tes darah rutin mereka bersih. Tidak ada virus penyebab AIDS yang ditemukan. Para ilmuwan memercayai bahwa fenomena tersebut bukanlah sesuatu yang baru dan dua orang itu tidak unik. Mungkin, masih ada pasien seperti itu di luar sana.

Benarkah, Pasien AIDS Bisa Disembuhkan?

Setelah dilakukan penelitian pada keduanya, virus HIV penyebab AIDS di tubuh dua pasien tersebut tidak aktif. Penyebabnya adalah perubahan kode genetik dalam virus HIV yang terhubung dengan sel di tubuh manusia. Hal itu tidak dijelaskan secara pasti bagaimana genetik virus HIV di dua pasien tersebut bisa berubah. Namun, berdasar penelitian para ilmuwan Prancis itu, simulasi dari sebuah enzim bisa mendapatkan efek serupa dengan yang terjadi pada kedua pasien diatas. Enzim tersebut sejatinya diteliti untuk menangani kecanduan obat.

Baca juga:

Dalam jurnal itu, juga ditegaskan bahwa virus HIV tidak bisa memperbanyak diri akibat perubahan kode DNA tersebut. Para peneliti menyimpulkan bahwa hal itu adalah bagian dari evolusi yang terjadi secara tiba-tiba antara virus tersebut dan manusia. Itu disebut dengan endogenisasi.

Benarkah, Pasien AIDS Bisa Disembuhkan?

Benarkah, Pasien AIDS Bisa Disembuhkan?

"Penyembuhan HIV mungkin bisa muncul melalui endogenisasi HIV ke manusia," tulis para peneliti dalam jurnal mereka. "Kami percaya bahwa adanya perubahan kode DNA HIV ini bisa menjadi sebuah langkah untuk penyembuhan dan perlindungan dari HIV," tambahnya. Saat ini penelitian tersebut masih dikembangkan.

Akan tetapi, mendengar adanya kemajuan ini apakah sobat Penghuni 60 berarti harus senang atau sebaliknya? Karena selama ini yang menjadi alasan ilmiah dari digembar-gemborkannya pelarangan "free sex" adalah ketakutan mereka terhadap adanya penyebaran penyakit AIDS ini. Nah, jika ternyata penyakit ini dapat disembuhkan, mungkinkah akan membuka peluang semakin banyaknya kasus akibat free sex? Semoga apa yang aku pikirkan tidaklah terjadi. Dan kita semua akan menanggapi penemuan penting ini dengan sebijak mungkin.

Good luck... ! ^_^





Signp60


0 comments:

Post a Comment