Monday, March 7, 2016


Fenomena tongkat eksis (tongsis) memang belakangan cukup populer di dunia khususnya Asia Tenggara. Hal ini tak terlepas dari mental narsis yang belakangan melanda seluruh orang di penjuru bumi. Mulai dari pejabat, atlit, artis dan selebriti, hingga rakyat biasa.

Belakangan tongsis memang sangat populer di Indonesia yang terkait dengan beragam aktivitas, mulai dari liburan, traveling, hingga makan di restoran pun perlu tongsis. Lantas, kepada siapa kita berterima kasih untuk perangkat yang mempu membuat kita terlihat eksis dan semarak tersebut.

Penemu tongsis bukanlah anak muda yang doyan gaul atau yang hobi narsis ternyata sobat. Dialah Hiroshi Ueda, seorang pria asal Jepang yang pertama memperkenalkan tongsis dan mematenkan kaya ciptanya pada tahun 1983. Saat itu Hiroshi bekerja disebuah perusahaan elektronika kenamaan, Minolta, sebagai insinyur.

Ide penemuan ini sebenarnya sederhana sob, Saat Hiroshi dan keluarganya selalu merasakan kesulitan melakukan foto bersama ketika berlibur di Eropa. Bahkan ada kejadian konyol yang terjadi saat mereka liburan di Paris, yakni seorang anak kecil yang dimintai tolong Hiroshi untuk memotret dirinya dan keluarganya justru malah membawa kabur kamera mereka.

Alhasil, atas pelajaran itulah akhirnya Hiroshi menciptakan semacam tongkat besi yang bisa diperpanjang dengan sebuah penempatan kamera film di ujungnya. Ia juga menambahkan sebuah kaca di ujung tongsis untuk memudahkan melihat objek bidikan.

Tapi sayang sob, tongsis buatan Hiroshi tak laku dipasaran. HIngga akhirnya Hak Paten tongsis tersebut habis pada tahun 2003 lalu. Dan, karya ciptanya yang kini populer setelah 30 tahun berselang, Hiroshi tak menerima sepeser pun royalti atas penemuan briliannya tersebut.

(sumber)

0 comments:

Post a Comment