Ad Code

5 Gerbang Menuju Perut Bumi Paling Keren Di Dunia

5 Gerbang Menuju Perut Bumi Paling Keren Di Dunia - Bumi adalah sebuah planet yang sangat luas dan sangat indah. Manusia mungkin memang sudah mengeksploitasi permukaan Bumi dengan begitu tak bertanggung jawab. Namun Bumi selalu masih memiliki banyak sekali rahasia untuk menanti dipecahkan. Ada yang bilang bahwa dirinya pernah berkeliling dunia. Mengunjungi berbagai negara dan mengoleksi ratusan sampai ribuan foto mengenai ciri khas sebuah negara.

Namun itu bukan berarti dia sudah pernah berkunjung ke seluruh wilayah di Bumi. Pernahkah kamu mencoba berjalan-jalan ke perut Bumi? Ya, untuk masuk ke bagian dalam Bumi, maka kamu harus masuk ke sebuah gerbang yang lazim diberi nama gua. Di dunia ini ada jutaan gua yang terbentuk dan menanti dikunjungi manusia. Hanya saja, ada kalanya gua memiliki penampilan dan pemandangan yang luar biasa mempesona.

Berikut adalah 5 Gerbang Menuju Perut Bumi Paling Keren Di Dunia seperti yang dilansir Bored Panda :


1. Gua Batu - Malaysia

Gerbang Menuju Perut Bumi

Gua Batu berada di distrik Gombak, utara Kuala Lumpur, Malaysia. Terletak di bukit kapur yang memiliki serangkaian gua dan kuil gua, maka di sanalah gua Batu bersemayam. Yang membuat gua Batu ini tampak unik adalah menjadi salah satu kuil Hindu terpopuler yang berada di luar India. Dikabarkan, gua Batu dibangun untuk menyembah dewa Murugan.

Tersusun dari bebatuan cantik yang membentuk tebing-tebing megah yang mendapat sorotan cahaya sangat indah, gua Batu diketahui sudah terbentuk semenjak 400 juta tahun lalu. Berdiri sekitar 100 meter dari permukaan tanah, untuk sampai di kuil dewa Murugan yang ada di dalam gua Batu, kamu harus mempersiapkan kaki untuk mendaki 272 anak tangga yang cukup curam.


2. Gua Es di dekat gunung Mutnovsky - Rusia

Gerbang Menuju Perut Bumi

Di sekitar gunung berapi Mutnovsky, Rusia, ada sebuah gua es yang sangat indah. Gunung Mutnovsky sendiri rupanya menjadi bagian dari Cincin Api Pasifik yang membuatnya sebagai salah satu gunung berapi aktif di dunia. Namun Mutnovsky memiliki berbagai gerbang menuju perut bumi yakni gua-gua es yang diperkirakan terbentuk oleh lubang angin yang melepaskan panas vulkanik dan gas fumarol.

Sekitar 800 meter dari panjang gua es ini dibentuk oleh sungai yang mengalir lewat medan glasial di bawah gunung Mutnovsky. Karena itu ada beberapa atap gua yang sudah begitu tipis sehingga sinar matahari bisa menembus luar biasa indah.


3. Gua Temimina - Brasil

Gerbang Menuju Perut Bumi

Tenang saja, ini bukanlah sebuah shower raksasa. Namun ini adalah pemandangan di dalam gua Temimina yang terletak di Brasil sana. Yang membuat Temimina menjadi salah satu gua tercantik di Bumi ini memang sebuah lubang yang mengucurkan air dari ketinggian sehingga seolah-olah berbentuk seperti shower raksasa. Melihat bagian air yang mengucur pada Temimina memang bakal membuatmu berpikir bahwa di Bumi ini masih banyak sekali sesuatu yang tidak pernah kamu pahami. Luar biasa kan?


4. Gua Biru - Kroasia

Gerbang Menuju Perut Bumi

Terletak di pulau Bisevo, Kroasia, di sanalah gua Biru berada. Akibat pantulan air laut, gua yang tadinya dipenuhi warna gelap, menjadi warna biru terang. Gua Biru yang berada di bagian timur pulau Bisevo ini menempati teluk kecil bernama Balun dan ditemukan oleh nelayan setempat.

Untuk masuk ke dalam gua Biru, pengunjung harus naik perahu. Gua Biru tidak memiliki stalaktit dan stalagmit, sehingga langit-langit dan dinding guanya tampak begitu eksotis. Saat menelusuri gua yang gelap dengan dinding berlumut hijau, kamu bakal terkejut dengan bagian dalam gua yang berpendar biru luar biasa indahnya.


5. Gua Es - Islandia

Gerbang Menuju Perut Bumi

Berada di laguna beku Svínafellsjökull, Skaftafell, Islandia, gua es ini dianggap sebagai lokasi wisata terdingin di dunia. Tampak luar gua es ini memang biasa, tetapi saat kamu masuk ke dalamnya, bakal terlihat luar biasa menakjubkan. Di bagian dalamnya adalah es yang sudah berusia ratusan tahun yang turun ke lereng Öræfajökull gletser Svínafellsjökull. Es itu kemudian berubah jadi es gletres bertekanan tinggi dan tidak berisi gelembung udara sama sekali sehingga kamu bisa melihat pembiasan biru sangat cantik.


Sumber : kapanlagi.com

Post a Comment

0 Comments