Wednesday, December 30, 2015

1. Plan 9 From Outer Space

Plan 9 From Outer Space

Dikala orang lain sedang sibuk menonton dan membuat ulasan Gie dan film-film lain yang sedang naik tayang, saya malah sibuk mendownload “Plan 9 From Outer Space”. Film ini terkenal sebagai salah satu film terburuk sepanjang masa dan baru-baru ini dirilis sebagai public domain.
Saking buruknya, film keluaran tahun 1959 ini memiliki pengikut fanatik di Internet. Bahkan karena ‘reputasi’ film ini, divisi riset Bell Labs merasa perlu untuk menamai salah satu sistem operasi buatan mereka ‘Plan 9‘.

Akibat film-filmnya yang selalu berkualitas rendah, sutradara Ed Wood dianugrahi penghargaan Golden Turkey Award sebagai sutradara terburuk sepanjang masa.
‘Seeing is believing’, jangan mengata-ngatai keburukan film lain sebelum menonton film ini. Keburukan film ini tidak ada duanya. Jika anda pernah menilai Gigli atau Son of the Mask dengan nilai 1 dari 10, menonton ‘Plan 9′ akan memorakporandakan penilaian anda. Menikmati film ini bukanlah dengan menikmati plot, aksi serta dialog dari film ini, tetapi dengan melihat, mendengar dan menertawai kesalahan-kesalahan tidak wajar dan sangat mendasar yang umum ditemukan dalam film keluaran Hollywood ini.
Efek-efek khusus pada film ini sangatlah memprihatinkan. Piring terbang dibuat dari tutup velg mobil. Kokpit pada pesawat terbang lebih mirip dengan dapur yang ditambahi dua buah tuas berbentuk aneh yang sama sekali tidak mirip dengan kemudi pesawat. Batu nisan pada makam jelas-jelas terlihat terbuat dari kardus. Beberapa bagian film seperti adegan pesawat terbang dan adegan perang jelas-jelas diambil dari stock footage, mungkin dari perang dunia kedua. Tak hanya itu, ada beberapa adegan yang diulang-ulang dalam film ini.
Pemeran salah satu zombie, Bela Lugosi, meninggal hanya beberapa saat setelah film ini mulai diproduksi. Tetapi sang sutradara memutuskan untuk tidak mengganti adegan-adegan pemeran yang meninggal tersebut. Yang dilakukan adalah mengganti pemeran zombie dan menutupi muka zombie tersebut sepanjang film! Cover DVD film tersebut bahkan mengolok-0lok kenyataan ini dengan menyebutkan: “Almost starring: Bela Lugosi”.
Percakapan pada film ini juga sangat memprihatinkan, sepertinya sutradara sama sekali tidak berniat mengulang adegan dengan percakapan yang aneh didengar, rancu atau salah.
  • “Visits? That would indicate visitors!”
  • “Now, don’t you worry. The saucers are up there. The graveyard is out there. But I’ll be locked up safely in there.”
  • “But one thing’s sure. Inspector Clay is dead, murdered, and somebody’s responsible.”
  • “Saucers? You mean the kind from up there?”
Dari mata narator yang membacakan prolog dan epilog film ini juga terlihat jelas bahwa dia membaca tulisan di belakang kamera.
Anda merasa bioskop telah merampas uang anda karena menayangkan film yang menurut anda sangat buruk? Anda berpikir apakah ada film yang lebih buruk daripada yang baru anda tonton? Maka tontonlah masterpiece ini, anda akan merasa jauh lebih baik :).
Menurut archive.org, film berformat hitam putih dan berdurasi 79 menit ini adalah public domain dan dapat didownload dari situs tersebut. Format download adalah MPEG2 atau MPEG4 dengan ukuran mulai dari 89 MB sampai 1.9 GB. Subtitle film ini bisa didownload di subtitles.images.o2.cz.

2.DISASTER MOVIE 



Baru aja dirilis akhir Agustus lalu (2009), Disaster Movie udah langsung menduduki peringkat satu di daftar film terburuk versi IMDB.
Jason Friedberg dan Aaron Seltzer kayaknya belum juga kapok. Meskipun film-film parodinya selalu dapet review jelek dari media dan para kritikus film, duo sutradara ini tetap lanjut memproduksi film parodi lainnya. Bahkan setelah masuk nominasi Razzie Award (penghargaan setingkat Oscar untuk film-film terburuk) pun, Jason dan Aaron tetap cuek.
Yup! Dua cowok ini adalah sosok dibalik film-film parodi Hollywood seperti Scary Movie 1-4, Date Movie, Epic Movie, dan Meet The Spartans. Setelah Epic MovieDisaster Movie, yang kena batunya. Film yang dirilis di Amerika tanggal 29 Agustus lalu itu langsung menduduki posisi 1 di IMDB Bottom 100, yaitu daftar film dengan rating terburuk berdasarkan review dan pilihan pembaca situs film terbesar di dunia itu. sempat jadi nominasi Razzie Awards untuk Worst Screenplay, kali ini giliran film terbaru mereka,
Disaster Movie berhasil menggeser The Hottie and The Nottie, film yang dibintangi oleh Paris Hilton yang sempat menduduki posisi 1 di daftar ini sejak awal 2008. Saat ini The Hottie and The Nottie menempati urutan ke-14. Secara keseluruhan, cuma ada 2 film baru keluaran 2008 yang masuk ke daftar ini selain Disaster Movie dan The Hottie and The Nottie. Film-film itu adalah Kis Vuk (posisi 7) dan Witless Protection

3.THE BOX 


Baru-baru ini, aktris Cameron Diaz merilis film thriller terbarunya The Box.

Tapi baru sehari beredar di bioskop di Amerika Serikat, film itu langsung dicap sebagai salah satu film thriller terburuk sepanjang masa.

Seperti dikutip dari Contact Music, Rabu (18-11), Cinema Score salah satu situs ternama yang memonitor reaksi penggemar film di Amerika memberi nilai F pada film garapan Richard Kelly itu. F merupakan nilai yang paling rendah.

"Masyarakat tahu kalau film itu memang sangat jelek," ujar Ed Mintz, pihak Cinema Score.

The Box yang rilis pada 6 November lalu itu diadaptasi dari cerpen Button, Button karya Richard Matheson. Film tersebut berkisah tentang sepasang suami istri, Norma (Cameron Diaz) dan Arthur Lewis (James Marsden) yang mendapat tawaran satu juta dolar untuk membunuh orang

0 comments:

Post a Comment