Monday, November 9, 2015

Sudah pernah menyaksikan langsung pohon yang besarnya melebihi supermarket? Kalau belum, itu tandanya Dreamers harus pergi ke Kolkata, India. Karena hanya di salah satu kota terbesar di Negeri Taj Mahal tersebut, terdapat pohon beringin yang luasnya mengalahkan supermarket lho.



Dari jauh rimbun daun pohon beringin ini terlihat seperti hutan lebat. Namun jika dilihat dari jarak dekat, daun-daun itu hanya berasal dari satu pohon.

Pohon beringin raksasa yang disebut ‘the Great Banyan Tree’ ini menjalari sekitar 1,6 hektar persegi tanah (15.665 meter persegi), yang terdiri dari 3.511 akar udara. Pohon ini sangat menarik wisatawan dari seluruh dunia untuk datang dan melihat keeks*tisannya langsung.

Dilansir dari Times of India, pohon tersebut juga sudah dicatat dalam The Guinness Book of World Record sebagai pohon terluas di dunia dalam bidang kanopi. Bahkan, pohon ini pun sudah dijadikan ikon perangko di India.

Letak pohon ini tepatnya di Acharya Jagadish Chandra Bose Indian Botanical Garden di Shipbur, Kolkata. Dikabarkan bahwa telah dibangun semacam jalan setapak sepanjang 2mil di sekitar lingkar pohon ini, sehingga membuat jalan tersebut menjadi semacam terowongan akar pohon yang indah.

Para ilmuwan yang meneliti pohon tersebut tampak terkejut. Pasalnya pada tahun 1884 dan 1886 badai pernah menghantam pohon beringin ini. Akibatnya batang utama beringin ini terserang jamur dan harus disingkirkan. Namun, ajaibnya tanpa batang utama, pohon ini tetap bertahan dan tumbuh.







(sumber)

0 comments:

Post a Comment